Headlines News :
Home » , » Gua Sengering (Tiangko Ulu)

Gua Sengering (Tiangko Ulu)

Written By Buana TV on Monday 23 June 2014 | 02:35

Situs Gua Sengering terletak di Desa Sengering, Kecamatan Sungai Manau, Kabupaten Merangin, Propinsi Jambi yang secara astronomis berada pada koordinat 02º01’21.08” LS dan 101º56’29.19” BT.

Lokasi gua ini berada di bagian hulu Bukit Tiangko yang berjarak sekitar 5 km dari Desa Sengering. Untuk mencapainya harus mendaki 2 buah bukit dan menyusuri sebuah aliran sungai, serta memanjat tebing yang cukup terjal.

​Berdasarkan pengamatan diketahui bahwa kondisi dinding gua sangat gelap dan lembab, serta ruangannya sangat luas. Ruangan yang paling bawah, yaitu ruang yang paling besar dan panjang merupakan jalur air (aliran sungai di bawah tanah) yang mata airnya berasal dari puncak bukit. Ruangan diatasnya (agak kecil) terdiri dari beberapa ruangan (ceruk) dan diduga merupakan jalur rembesan air tanah yang berasal dari atasnya. Pintu masuk Gua Sengering mempunyai lebar sekitar 10 m, sedangkan pintu keluarnya mempunyai lebar 1 m yang sekaligus merupakan jalan keluarnya hulu air Sungai Tiangko.

​Menurut informasi masyarakat setempat di dalam gua ini pernah ditemukan sisa-sisa kegiatan masyarakat purba yang berupa alat serpih dan pecahan gerabah. Namun, mengingat sungai di dalam gua sering banjir, maka sisa-sisa lapisan budaya yang pernah terkandung di dalamnya ikut hanyut terbawa air.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Blog | SEPRIANO | PARIWISATA JAMBI
Copyright © 2016. PARIWISATA JAMBI - All Rights Reserved
Template Created by Blogger Published by Blogger
Proudly powered by Blogger